Senin, 25 Juni 2012

Manusia, Sain dan Teknologi


Sain adalah ilmu pengetahuan yang teratur yang dapat diuji kebenarannya sesuai dengan realita.
Sain merupakan satu proses pencarian kebenaran untuk menerangkan hukum-hukum alam dengan memahami hakikat makhluk hidup. Pendekatan yang digunakan disebut saintifik.

Teknologi merupakan keterampilan manusia menggunakan sumber daya alam untuk memcahkan suatu masalah yang dihadapi dalam kehidupan. Dan teknologi dianggap sebagai penerapan ilmu pengetahuandalam wujud perbuatan atau perwujudan sesuatu.

Makna iptek yaitu Perkembangan teknologi dapat menghasilkan kemakmuran bagi masyarakat, sifat ketidakpuasan manusia mendorong kemjaun teknologi yang digunakan untuk memudahkan kehidupan manusia.
Nilai iptek, yiatu dekembangkan sesuai dengan kebutuhan pembangunan, Perkembangan iptek harus mampu menyesuaikan dengan nilai yang dianut suatu masyarkat.
Jadi, Iptek kedudukannya harus dapat mensejahterakan manusia dan memuliakan manusia.

Disamping itu, iptek juga dapat menghancurkan/menyengsarakan kehiudpan manusia karena diakibatkan tidak mampu mengendalika cipta, rasa dan karsa. Misalnya beberpa dampak negative yang telah muncul, yaitu dalam bidang infromatika (adanaya blogspot-blogspot negative).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar