Senin, 25 Juni 2012

Manusia dan Cinta Kasih


 Cinta adalah rasa sangat suka atau sayang ataupun rasa sangat kasih atau sangat tertarik hatinya. Sedangkan kasih artinya perasaan sangat sayang atau sangat menaruh belas kasihan. Dengan demikian cita kasih dapat diartikan sebagai perasaan suka kepada seseorang disertai dengan menaruh belas kasihan.

Terdapat perbedaan antara cinta dan kasih. Cinta lebih mengandung pengertian tentang rasa yang mendalam sedangkan kasih merupakan pengungkapan untuk mengeluarkan rasa, mengarah kepada yang dicintai.

Cinta pun seringkali disertai dengan hawa nafsu. Terdapat perbedaan antara cinta dan nafsu. Cinta bersifat manusiawi, rohaniah, dan menunjukka perilaku memberi, sedangkan nafsu bersifat jasmaniah dan cenderung menuntut.
Menurut Dr. Sarlito W. Sarwono cinta memiliki tiga unsur, yaitu:
1.      Keterikatan
2.      Keintiman
3.      Kemesraan
Cinta kasih dapat menimbulkan dua hal, yaitu kehidupan yang homohumanus dan kehidupan yang dehumansasi. Cinta kasih yang dapat menciptakan kepada kehidupan homohumanus adalah cinta kasih yang diselimuti oleh selimut cinta berupa agama, norma, moral dan nilai. Adapun kehidupan homohumanus dapat dilihat sebagai berikut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar